Friday, January 29, 2010

Ayumi Hamasaki Profile

Ayumi Hamasaki Profile


Lahir 2 Oktober 1978
Asal Fukuoka, Jepang
Genre Pop-Jepang/Rock, Trance, Eurobeat, Techno, Alternative, Musik klasik, House
Pekerjaan Penyanyi, Penulis lagu
Tahun aktif 1998 - sekarang

Pekerjaan Penyanyi, Penulis lagu
Tahun aktif 1998 - sekarang
Perusahaan rekaman Avex Trax
Situs web Official Website

Ayumi Hamasaki (浜崎 あゆみ Hamasaki Ayumi) atau dikenal sebagai “ayu” oleh fansnya adalah seorang penyanyi wanita paling terkenal di Jepang. Ayu dijuluki sebagai “ratu pop Jepang” karena kesuksesannya.

Sejak debutnya di tahun 1998 dengan single pertamanya “poker face“, sampai saat ini ia telah menjual lebih dari 50 juta kopi album dan single hanya di Jepang saja, belum terhitung di banyak negara lainnya. Ia telah merilis 8 album studio, 40 single, satu mini album, 4 album kompilasi dalam naungan perusahaan rekaman Avex Trax yang telah menghasilkan banyak hits serta menduduki puncak - puncak tangga lagu di Jepang. Ia adalah artis solo dan artis wanita tersukses sekaligus artis kedua tersukses dalam sejarah industri musik Jepang sampai saat ini. Dengan single ke-40nya, “Blue Bird“, ia telah memecahkan rekor melampaui angka penjualan single yang mencapai 20 juta kopi.

Dengan perilisan singlenya yang ke 39, “Startin’ / Born To Be…” di tahun 2006, Ayumi telah menjadi artis wanita pertama yang mempunyai 27 single yang duduk di nomor 1 tangga lagu Jepang yang terkenal Oricon.

Ayumi juga telah mendapat penghargaan Grand Prix Japan Record Taishou, semacam Grammmy Award Jepang 3 kali berturut-turut. Tapi pada tahun 2004 ia menolak penghargaan untuk singlenya “Inspire“, dikarenakan adanya konflik dalam Avex antara Max Matsuura dengan Tatsumi Yoda. Setelah itu ayu juga kerap kali menolak penghargaan yang ditujukan untuk dirinya dikarenakan ayu ingin memberikan kesempatan bagi penyanyi-penyanyi muda lainnya.

Tahun 2007 ayu mengeluarkan album kompilasi A BEST 2 dalam 2 versi yaitu BLACK dan WHITE. penjualan kedua album di minggu pertama menembus angka 945.000 kopi. dan dengan keluarnya album A BEST 2 ini, ayumi menjadi artis kedua yang memecahkan rekor penjualan 2 album yang dikeluarkan bersama dan menduduki urutan 1 & 2 setelah 37 tahun tidak ada yang mampu membuat rekor tersebut.























No comments:

Post a Comment